Berita

Selasa, 11 Mei 2010 - 11:26:44 WIB
Penandatanganan dan Penyerahan Surat Pemberitahuan Persetujuan Kredit KUPS dan KKPE
Diposting oleh : Tim Website Kategori: Kredit Usaha Pembibitan Sapi - Dibaca: 1793 kali

Pada tanggal 8 Mei 2010 di Makassar, Sulawesi Selatan telah dilangsungkan acara Penandatanganan dan Penyerahan Surat Pemberitahuan Persetujuan Kredit KUPS (Kredit Usaha Pembibitan Sapi) dan KKPE (Kredit Ketahanan Pangan dan Energi). Hadir pada acara tersebut : Menteri Pertanian, Gubernur Sulawesi Selatan, Ketua dan Ketua Komisi B, DPRD Sulawesi Selatan dan Para Pejabat Lingkup Provinsi Sulawesi Selatan, Para Pejabat dari Kementerian Koordinator Bidang PerekonomianStaf Khusus Menteri Pertanian Bidang Kelembagaan, Para Direktur Bank Pelaksana KUPS, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan dari Jawa Tengah dan Jawa Timur, serta kelompok Peternak/stakeholders lainnya.

Didahului dengan sambutan Gubernur Sulawesi Selatan dilanjutkan dengan penandatanganan akad kredit dan penyerahan SPPK dari Bank kepada Debitur serta pengarahan Menteri Pertanian.

Peserta akad kredit KUPS : 8 Pelaku usaha yakni : 1 kelompok peternak dan 1 koperasi senilai 33,9 miliar Rupiah dengan Bank Jatim, 5 kelompok peternak senilai 1,54 miliar Rupiah, dan satu perusahaan senilai 42,5 miliar rupiah dengan Bank BNI.

Sedangkan untuk penerima SPP KKPE : 5 kelompok peternak dengan total nilai kredit sekitar 1,54 miliar, yaitu 1 kelompok dari Bank Jatim, 1 kelompok dari Bank Jateng dan 3 kelompok dari BRI.

Penyaluran KUPS diberikan kepada pelaku usaha (perusahaan, koperasi, kelompok peternak) yang memenuhi persyaratan, antara lain memenuhi prosedur baku (SOP), mampu menyediakan bibit sapi dan wajib memiliki kemitraan.Sampai awal Mei 2010 sebanyak 40 pelaku usaha meliputi perusahaan dan koperasi telah mengajukan permohonan rekomendasi, sebanyak 15 pelaku usaha telah diberikan rekomendasi, sisanya masih dalam proses. Disamping itu terdapat 18 kelompok peternak yang telah memperoleh rekomendasi dari Dinas Peternakan untuk proses pengajuan kepada Bank dan terdapat 81 kelompok peternak yang bermitra dengan koperasi/perusahaan.

Untuk KKPE, sampai akhir Pebruari 2010, telah disalurkan Rp 65 miliar. Kredit ini merupakan kredit investasi atau modal kerja yang diberikan oleh Bank pelaksana kepada petani/peternak melalui kelompok tani atau koperasi dalam rangka mendukung program ketahanan pangan dan pengembangan tanaman bahan baku bahan bakar nabati.