Berita

Selasa, 18 Desember 2012 - 16:30:41 WIB
Pertemuan Pembinaan dan Bimbingan Teknis Kewirausahaan Sarjana Membangun Desa (SMD) Di Jawa Tengah dan DIY Tahun 2012
Diposting oleh : Tim Website Kategori: Sarjana Membangun Desa - Dibaca: 2117 kali

Semarang, Jawa Tengah – Salah satu program pemerintah dalam mendukung swasembada daging 2014 adalah Sarjana Membangun Desa (SMD). Dalam rangka Pembinaan dan Bimbingan Teknis Kewirausahaan Sarjana Membangun Desa (SMD) di Wilayah Propinsi Jawa Tengan dan D.I. Yogyakarta Tahun 2012 Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan melaksanakan Pertemuan yang dibuka secara resmi oleh Wakil Menteri Pertanian RI.

Kegiatan tersebut di laksanakan di kantor Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Propinsi Jawa Tengah pada tanggal 7-8 Desember 2012, dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah, Wakil Menteri Pertanian, Sesditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah, kelompok SMD wilayah Provinsi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta yang bertujuan disamping untuk silaturahmi juga memberikan bimbingan tentang kewirausahaan serta tukar pengalaman antara SMD.

“Sarjana Membangun Desa (SMD) harus pandai membaca situasi dan perkembangan setiap saat, bisa berwirausaha khususnya bidang peternakan dan juga diharapkan dapat membangun desa sehingga tercipta kemandirian pangan yang dapat mensejahterahkan bangsa dan negara”, demikian ajakan Gubernur Provinsi Jawa Tengah dalam sambutanya ditengah-tengah kelompok SMD wilayah Jawa Tengan dan D.I. Yogyakarta pada Pertemuan Pembinaan dan Bimbingan Teknis Kewirausahaan Sarjana Membangun Desa (SMD).

Wakil Menteri Pertanian dalam sambutannya mengajak semua peserta kelompok SMD untuk memanfaatkan kegiatan ini sebaik-baiknya, beliau juga mengharapkan kepada seluruh SMD agar mempunyai jiwa kewirausahaan yang bisa diandalkan di wilayahnya masing-masing karena SMD merupakan salah satu pilar/ujung tombak nasional untuk mencapai Swasembada Daging 2014.

Dalam acara ini ada beberapa materi yang disampaikan oleh para narasumber antara lain :

  • Peran dan dukungan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dalam Pengembangan Usaha Peternakan oleh perwakilan Kementerian Koperasi dan UKM
  • Kiat Sukses dalam mengembangkan Usaha Agribisnis Peternakan oleh Pelaku Usaha
  • Penguatan Modal Usaha Bidang Peternakan Melalui Kredit Program (KKP-E, KUPS dan KUR) oleh Perwakilan Bank Jawa Tengah
  • Teknik Penyusunan Ransum Pakan Ternak Berbahan Baku oleh Peneliti Sapi Potong
Pada penyampaian materi ini dipandu oleh tim dari Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Direktorat Budidaya Terna dan Tim PSDSK 2014.

Kegiatan ini ditutup oleh Sesditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan yang diwakili oleh Kasubdit Kelembagaan, Direktorat Budidaya Ternak. Beliau menyampaikan pesan dari Direktur Budidaya Ternak untuk SMD seluruh Indonesia, bahwa para peserta SMD dimohon untuk menulis tentang ”Kiat Sukses Untuk Pengembangan Usaha” kemudian tulisan ini dikirim ke alamat e-mail : fauziluthan@yahoo.com. Tulisan tersebut selanjutnya akan diseleksi sebagai materi dalam penyusunan buku tentang kiprah SMD, selanjutnya juga menyampaikan bahwa kemungkinan tahun 2013 tidak ada lagi penerimaan SMD sehingga diharapkan anggota SMD tetap menggali kemampuan, mencari ilmu sebanyak-banyaknya dan membuktikan kalau SMD bisa mandiri tanpa bantuan pemerintah lagi.

(Padjarnain, S.Pt., Titik Triary W., S.Pt, Subbag Kerjasama dan Humas. Bagian Perencanaan. Ditjen PKH)